stack
[Close]

Jumat, 02 September 2011

Mengapa Rasa Lelah Sering Menyerang di Siang Hari?

APAKAH Anda merasa lelah selalu menyerang ketika siang hari? Mungkin saja ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan dalam gaya hidup Anda.

Saat jam makan siang, bukan hanya rasa lapar dan dahaga yang menyerang, tapi juga rasa lelah dan dibarengi kantuk. Tak jarang ketika pekerjaan masih menumpuk, rasa kantuk tersebut tak bisa berkompromi. Kepala terasa berat dan mengedip pun sangat sulit karena terasa ada beban yang mengganjal di mata.

Ya, hal tersebut sebenarnya merupakan hal wajar. Namun semua gangguan tersebut dapat dihindari ketika Anda melakukan gaya hidup yang sehat, salah satunya menikmati sarapan yang tepat.
Lantas, apa saja penyebab kelelahan di siang hari? Berikut ini beberapa penyebabnya, seperti dipaparkan Times of India.

Kurang tidur di malam hari
Sebagian besar dari kita biasanya membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah, sehingga rumah pun tetap layaknya kantor di mana Anda berkutat dengan laptop tanpa berhenti sambil menonton televisi hingga larut. Hal ini tentu mengurangi waktu istirahat yang seharusnya dipenuhi untuk membantu memulihkan saraf lelah dan meremajakan tubuh. Rutinitas tidur larut dan bangun pagi inilah yang membuat Anda cepat lelah di siang hari. Jadi jika ingin terhindar dari hal tersebut, penuhi setidaknya istirahat tidur antara 7-8 jam dan matikan ponsel ketika Anda terlelap.

Tidak ada waktu untuk olahraga
Bila Anda melakukan latihan secara rutin, maka kebugaran pun akan tetap terjaga. Jadi sesibuk apapun rutinitas Anda, jangan lupakan untuk melakukan latihan, seperti berjalan cepat, jogging, lompat tali, atau berjalan di treadmill. Selain menyehatkan, latihan fisik memberikan hormon kebahagiaan bagi tubuh Anda.

Cemas sepanjang waktu
Terlalu banyak stres akan menyebabkan serangan tekanan darah tinggi. Karenanya, hindarilah rasa gelisah, tegang, dan secara sadar cobalah untuk tetap bahagia dan rileks. Nikmati pekerjaan Anda dan kebersamaan dengan keluarga, rumah, dan lingkungan Anda. Hal ini akan membuat serangan stres dapat terminimalisir.

Tidak sempat sarapan
Kebanyakan orang menjadi cepat lelah di siang hari karena melewatkan sesi sarapan dan mengonsumsi makanan saat siang. Padahal, sarapan sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi kerja yang Anda mulai sejak pagi. Tak hanya itu, sarapan pun akan memengaruhi hormon sehingga Anda tidak cepat lesu saat siang menyapa Anda.