stack
[Close]

Selasa, 27 September 2011

Mengatasi Masalah Dengan Apa Yang Ada

Semua orang ingin mengatasi masalah yang mereka miliki. Sayangnya banyak dari mereka mencoba mencari solusi dari luar. Bukan tidak bisa, tetapi sebelum Anda mencari solusi ke luar, sebelum Anda merepotkan orang. Anda bisa mengoptimalkan apa yang Anda miliki untuk mengatasi masalah yang Anda miliki.

“Tapi saya sudah mencoba, saya tidak mampu mengatasi masalah.”

Jika kita melihat ayat suci Al Quran, terutama Al Quran Surat Al Baqarah ayat terakhir (286), bahwa Allah tidak akan membebani kita diluar kesanggupan kita. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS.2:286). Lalu, kenapa ada orang yang merasa tidak mampu? Mari kita lihat.

Mengatasi Masalah Dengan Berpikir Positif

Langkah pertama agar Anda bisa mengatasi masalah ialah dengan berpiikiran positif. Salah satu ciri orang yang berpikiran negatif adalah merasa tidak berdaya dan tidak punya harapan. Dia mampu berdalih atau beralasan bahwa dia tidak bisa apa-apa. Tidak ada lagi yang bisa dia lakukan. Itulah mental orang yang berpikiran negatif.

Jadi langkah pertama Anda harus meningkatkan optimisme Anda. Coba pikirkan, apa yang tidak bisa dilakukan oleh Allah? Allah Mahakuasa mengubah apa pun. “Tidak mungkin” sering kali hanya pandangan manusia saja, tetapi bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin. Apakah Anda orang beriman? Jika ya, artinya Anda harus beriman bahwa Allah bisa mengubah apa pun. Jika Allah berkehendak, maka jadilah.

Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.” (QS. Yasin:82)

Tentu saja, cara Allah menolong kita banyak caranya. Bisa melibatkan tindakan kita bisa juga tidak. Kita tidak perlu membatasi. Namun saat ada gagasan untuk bertindak, jangan diam saja! Bisa jadi itu adalah petunjuk Allah. Kalau Anda diam saja, benarkah ingin mengatasi masalah?

Jadi, tumbuhkan keimanan akan kebesaran Allah. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Kemudian berdo’alah. Setelah berdo’a dengan yakin, ikutilah kata hati untuk bertindak. Allah tidak akan mengubah nasib kita jika kita tidak mau mengubahnya.

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS Ar Ra’d:11)

Mengatasi Masalah Memanfaatkan Yang Ada

Saat kita membaca ayat “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS.2:286), seharusnya kita yakin bahwa apa yang kita miliki bisa digunakan untuk mengatasi masalah kita. Sayangnya banyak orang yang malah mengabaikan atau tidak menysukuri apa yang sudah dia miliki. Ada juga yang sadar, tetapi belum bisa menggunakan apa yang mereka sudah miliki untuk mengatasi masalah..

Jadi untuk bisa mengatasi masalah Anda, apa pun itu, tetaplah optimis dan gunakan jiwa yang tenang.