stack
[Close]

Senin, 24 Oktober 2011

Cara Presentasi Yang Baik


Presentasi saat ini telah menjadi bagian penting di kehidupan kita. Baik sebagai pelajar yang mempresentasikan suatu pelajaran, atau pekerja yang mempresentasikan hasil pekerjaannya. Bahkan kadang presentasi merupakan penentu masa depan kita. Contohnya presentasi Skripsi.
Meski kadang beberapa orang mengeluh terhadap kemampuannya melakukan presentasi. Kemungkinan ini dipengaruhi jam terbang. Tapi tentunya ada tips dan cara cara yang memudahkan untuk melakukan presentasi dengan baik. Berikut ini cara-cara melakukan presentasi yang baik :

1. Kuasai isi materi Anda. Pada saat presentasi, sebaiknya Anda seminim mungkin melihat kertas karena hal tersebut dapat membuat orang lain berpikir kalau Anda tidak terlalu menguasai materi. Salah satu cara menyiasati hal tersebut dengan cara menguasai betul materi Anda. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih percaya diri di depan panggung nantinya.

2. Berlatihlah sebelum Anda melakukan presentasi. Semalam atau beberapa hari menjelang hari presentasi, ada baiknya Anda berlatih di depan teman-teman Anda atau berlatih di depan cermin. Cara tersebut dapat menaikan rasa percaya diri Anda dan juga dapat menghilangkan rasa canggung berbicara di depan banyak orang.

3. Kuasai peralatan presentasi Anda. Kalau Anda terlihat canggung menggunakan peralatan Anda sendiri berarti Anda harus bersiap mendapat pandangan pertama yang buruk dari peserta presentasi. Kuasai proyektor, laptop, mouse, atau pointer yang akan Anda gunakan.

4. Kontak mata. Jangan melupakan hal ini. Sebaiknya (sangat dianjurkan) Anda tidak terus menerus melihat kearah slide. Dengan terus melihat ke arah penonton, diharapkan Anda seperti berbicara dua arah. Selingi dengan lelucon, pertanyaan spontan ke arah penonton. Lakukan hal tersebut agar peserta tidak bosan. Selain itu, selingi slide Anda dengan musik, video, atau animasi.

5. Jangan lupa simpan data materi Anda. Ini penting. Sangat penting. Apabila Anda melupakan menyimpan data materi Anda, Anda dapat tegang saat itu juga dan kemungkinan besar semua materi yang ada di kepala Anda akan hilang. Oleh karena itu, simpan materi Anda di media penyimpanan yang mudah diingat, seperti laptop atau Flash Disk.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...