stack
[Close]

Minggu, 27 November 2011

Ilalang Si Liar Berjuta Manfaat

Alang-alang atau ilalang adalah musuh besar petani atau penggarap lahan pertanian. Kehadirannya yang tak diharapkan, memang menjengkelkan. Tapi siapa sangka, justru dari si liar yang menjengkelkan ini berbagai manfaat kesehatan dapat diperoleh manusia.

Rumput liar atau ilalang memang menjadi tantangan terberat bagi para petani. Kehadiran yang tak diharapkan, serta kemampuannya yang dapat menyebar dan tumbuh dalam waktu yang relative singkat sungguh sangat mengganggu. Ilalang tidak akan membiarkan lahan atau tanah kosong, merekalah vegetasi yang berkembang bika dengan cepatnya.

Tapi siapa yang menyangka dibalik itu semua, musuh besar petani ini ternyata menyimpan berjuta manfaat bagi masyarakat. Dan ternyata setelah dilakukan uji klinis, ternyata ilalang banyak mengandung bahan kimiawi yang berguna untuk tubuh kita. Kandungan itu antara lain: manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, anindom dan masih banyak lagi lainnya. Sementara itu dalam rimpang atau akar alang-alang terkandung imperanene. Menurut hasil penelitian universitas jepang, zat ini mempunyai efek menghambat agregasi trombosit atau sel pembeku darah. Jika diperbandingkan efek menghambat trombosit ini sama dengan efek yang ditimbulkan oleh asetosal atau asam asetil salisilat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah pada penderita infark jantung.

Kandungan lain pada rimpang alang-alang adalah Cylindol A. Efek Cylindol A adalah menghambat enzim 5-lipoksigenase. Saat enzim 5-lipoksigenase terhambat maka pembentukan prostaglandin yang bertanggungjawab menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada otot dapat terhalangi. Bahan lain yang terkandung, yaitu Cylendrene mempunyai aktivitas menghambat kontraksi pembuluh darah pada otot polos, sehingga sirkulasi darah tetap lancer.

Sementara kandungan lain yakni graminone B menghambat penyempitan pembuluh darah aorta atau pembuluh darah terbesar. Dan saat diteliti oleh sebuah industry jamu besar di Indonesia, kedua bahan ini memiliki efek penurunan tekanan darah. Selain berbagai temuan itu, ilalang, juga memiliki efek anti piretik atau menurunkan panas, hemostatik atau menghentikan pendarahan, menghilangkan haus, diuretic atau peluruh kemih dan masuk kedalam meridian paru-paru, lambung juga usus kecil.

Aneka Resep Sehat Berbahan Ilalang

1.    Jantung Koroner
Untuk jantung koroner. Gunakan 100 gram akar alang-alang, 100 gram akar teratai, 25 gram jamur kuping hitam, 25 gram jamur hioko, dan 25 gram jamur putih kering direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

2.    Prostat
Gunakan 60 gram akar alang-alang, 30 gram sambiloto, dan 30 gram meniran direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

3.    Darah Tinggi
Mengobati tekanan darah tinggi cukup ambil 100 gram akar alang-alang. 15 gram meniran, dan 15 gram kunyit direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan diminum.

4.    Batu Ginjal & Batu Empedu
Batu ginjal, 60 gram akar alang-alang, 30 gram daun kejibeling, dan 30 gram rambut jagung direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum airnya. Sementara untuk batu empedu, gunakan 100 gram akar alang-alang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan minum airnya.

5.    Kencing Batu
Gunakan 100 gram akar alang-alang, 30 gram meniran, dan 30 gram daun kumis kucing direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

6.    Keputihan dan Sari Rapet
100 gram akar alang-alang, 5 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah (1 gelas). Setelah dingin dicampurkan dengan sdm madu murni dan ½ sdt serbuk kurma. Diminum setiap pagi dan sore. Boleh ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar rasa menjadi segar.

7.    Kencing Nanah
Cuci 300 gram akar alang-alang segar sampai bersih lalu potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Rebus potongan akar tersebut 8 gelas air sampai tersisa 5 gelas. Bagi menjadi 3 bagian yang sama lalu minum 3 kali sehari masing-masing 1 bagian (gelas).

8.    Mimisan
Mengatas mimisan, gunakan 60 gram akar alang-alang segar dan 100 gram akar teratai direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 300 cc. airnya diminum.

9.    Asma
Asma dengan menggunakan 60 gram akar alang-alang dan 15 kuntum bunga kenop direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan arinya diminum.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...