stack
[Close]

Sabtu, 10 Desember 2011

5 Tips Penting Memilih Perguruan Tinggi

Masa depan kita ada di tangan kita, dan masa depan itu pilihan maka janga sampai kita salah menentukan jalan masa depan kta. Dan salah satu faktor masa depan kita tentunya adalah belajar atau bersekolah.Untuk itu anda harus membaca Tips memilih Perguuan tinggi atau tempat kuliah anda. 
Berikut 5 tips yang bermanfaat bagi anda dalam memilih perguruan tinggi :
  1. Pilih Perguruan Tinggi Yang Sesua dengan Tujuan atau Bidang Anda. Misalnya kita mahir dalam dunia komputer atau menyukai dunia komputer, maka kamu harus memilih perguruan tinggi yang mempunyai jurusan di bidang komputer tersebut atau kita adalah anak seorang petani misalnya, atau suka bertani, maka pilihlah perguruan tinggi yang mempunyai jurusan Pertanian.
  2. Pilih perguruan Tinggi yang Sudah Terjamin Kualitasnya. Saat kita memilih perguruan tinggi,maka kita harus mengetahui perguruan tinggi mana saja yang memang benar-benar bagus. Baik Swasta maupun Perguruan Tinggi Negeri. Karena Perguruan Tinggi Negeri saja belum tentu bagus. Jangan terjebak dengan iming-iming yang brosur-brosur untuk memilih perguruan tinggi tertentu, yang kadang-kadang menyesatkan kita.
  3. Pilih Perguruan Tinggi Yang Dekat Dengan Rumah atau Tempat Tinggal Anda. Karena dengan memilih Perguruan tinggi yang dekat dengan rumah kita, kita akan menghemat keuangan Keluarga. Tetapi jika meski kita memlih tempat yang Jauh, misalnya rumah kamu di Kalimantan dan kamu ingin kuliah di Jogja, kamu harus memperhatikan biyaya kehidupan di jogja, meskipun biyaya kehidupan di jogja tergolong murah. Tetapi bagi anda yang kurang mampu pasti akan menjadi masalah tersendiri, karena biasnya biyaya kehidupan lebih mahal dari biyaya kuliah kita.
  4. Kemauan Untuk Belajar. Inilah yang paling penting sebenarnya dalam tujuan kita untuk kuliah. Karena terkadang banyak sekali orang yang belajar atau kuliah, hanya untuk menghindar dari Keluarga, misalnya kita sering di marahi oleh orang tua kita setelah pulang sekolah, maka dengan kuliah kita akan merasa bebas di tempat kos, karena jauh dari pantaun Orang tua kita.Banyak juga mereka berkuliah yang hanya mencari embel-embel Insinyur atau Doktor, tetapi dalam ilmunya Nol Besar, dan itulah yang banyak terjadi saat ini. Banyak tempat-tempat strategis yang di kuasai oleh orang-orang yang tidak berkompeten di dalamnya, sehingga banyak terjadi Korupsi, Kolusi, Nepotisme yang meraja lela.
  5. Cari Info. Tanyakanlah kepada Guru di SMA anda, atau kepada teman atau tetangga anda yang lebih berpengalaman. Karena kita dengan bertanya kepada orang lain tersebut kita akan mendapatkan informasi di mana saja kita memilih tempat kuliah yang bagus, dan sesuai dengan bidang kita.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...