stack
[Close]

Rabu, 15 Februari 2012

Cara Mudah Untuk Menyegarkan Kembali Ingatan

Sahabat Talsep tentu pernah mengalami keadaan lupa seketika dalam mengingat sesuatu, atau bahkan Anda termasuk pelupa. Apa yang kita hadapi setiap hari, mulai dari situasi kantor, sekolah, rumah sakit, jalan raya atau apapun aspek lingkungan, memberi rangsangan pada otak.

Untuk kembali
menyegarkan ingatan, tidak perlu hal yang rumit, cukup dengan cara sederhana berikut :
  1. Harmonisasi Suara Dan Cahaya
    Dampak positif akan ditimbulkan dari suara yang harmonis. Sebisa mungkin kurangilah polusi suara dengan merekam suara-suara yang menenangkan. Perdengarkan pada telingan beberapa menit setiap hari.
    Tidak hanya suara, cahaya pun memiliki efek yang besar pada tubuh dan jiwa. Sumber cahaya yang paling sehat adalah sinar matahari. Produksi hormon, metabolisme, dan jam biologis bisa dipengaruhi lewat gelombang panjang pada sinar matahari.
  2. Mendekat Pada Alam
    Alam merupakan sahabat yang baik. Merusak alam berarti merusak keharmonisan jiwa raga. Ahli saraf John Jonides dan timnya pernah melakukan sebuah studi pengukuran kemampuan tes memori dan konsentrasi. Kelompok pertama diminta berjalan-jalan di sekitar taman yang penuh pepohonan dan bunga dan sisanya berjalan di pusat kota. Para peneliti menemukan mereka yang berjalan di taman kemampuan tes mereka naik 20 persen, sementara yang berjalan di pusat kota tidak ada perubahan. Luangkanlah waktu Anda sekali seminggu untuk menyatu dengan alam.
  3. Hirup Udara Segar
    Kesehatan jiwa dan raga bisa didapatkan juga melalui udara yang segar. Kita mungkin tidak bisa mengubah kualitas udara di luar secara langsung, tapi kita bisa melakukannya di dalam rumah. Sediakanlah sistem penyaringan udara di rumah Anda jika lingkungan Anda penuh dengan polusi atau debu.
  4. Miliki Hubungan yang Harmonis
    Baik fisik atau psikis, orang yang memiliki hubungan harmonis dengan pasangannya pada umumnya lebih sehat, dibanding orang yang masih melajang atau ditinggal pasangannya. Selain itu risiko hilang ingatan lebih rendah pada mereka yang kehidupan sosialnya baik.