stack
[Close]

Kamis, 29 Maret 2012

Tips Menghemat BBM untuk Mobil

Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak membuat sebagian pemilik kendaraan resah. Harga BBM semakin mahal, berarti pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan bertambah.

Pengeluaran akan terasa lebih besar lagi jika kendaraan kita boros bahan bakar yang disebabkan oleh jalanan yang macet, modifikasi yang tidak sempurna, atau karena sebab lain.

Namun, jangan khawatir. Ada sejumlah trik untuk menyiasati kenaikan harga BBM itu. Sejumlah tips bisa diterapkan untuk menghemat pemakaian BBM, terutama untuk para pemilik mobil pribadi. Berikut sejumlah tips menghemat bahan bakar:

1. Perhatikan kecepatan untuk berakselerasi 
Tampaknya sangat menyenangkan jika melihat jalan di depan kita lengang sehingga kita dapat menginjak pedal gas dangan keras saat lampu merah berubah menjadi hijau. Namun, semua itu tak gratis. Mesin anda akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar setiap kali mobil Anda mulai berjalan. Mulai saat ini, cobalah untuk menginjak pedal gas dengan perlahan ketika anda mulai melaju.

2. Matikan mesin ketika macet
Biasanya kita selalu membiarkan mesin tetap menyala ketika menghadapi kemacetan parah. Hal itu juga merupakan sebuah pemborosan bahan bakar. Ketika Macet, Anda lebih baik mematikan mesin mobil dan kalaupun tak dapat mematikan mesin mobil, tempatkan transimisi pada mode netral saja. Maka Anda akan menghemat hampir 15-30 persen bahan bakar.

3. Jangan terlalu sering menginjak rem 
Bahan bakar mobil juga menjadi lebih boros ketika Anda terlalu sering menginjak rem. Hal ini sering terjadi saat mobil melaju dengan kencang. Mulai saat ini, cobalah melaju santai agar tidak sering mengerem mobil anda.

4. Cek angin pada ban 
Ban yang terisi angin dengan sesuai akan mengurangi gesekan dengan jalanan. Kondisi seperti itu mampu menghemat pengeluaran BBM mobil anda sekitar 3 persen. Selain itu, perhatikan juga jika ban mobil anda sudah aus atau botak. Gantilah dengan ban jenis low rolling resistance, maka anda dapat menghemat BBM sebesar hampir 6 persen.

5. Kontrol kecepatan 
Lebih dari 50% bahan bakar hilang ketika mobil sedang melakukan tugas aerodinamisnya, yaitu mengebut. Cobalah untuk menjaga kecepatan Anda agar tidak melaju terlalu cepat. Slain mengurangi resiko kecelakaan, Anda juga menghemat 25 persen bahan bakar dengan kecepatan dibawah 100 km/ jam.


6. Tutup jendela 
Kita serring mematikan AC untuk menghemat bahan bakar. Kemudian, kita membuka kaca mobil lebar-lebar untuk mendapatkan hawa yang segar. Namun, jika kaca dibuka lebar-lebar saat melaju, mobil akan menghadapi tekanan angin yang masuk ke dalam. Laju mobil terhambat, bahan bakar jadi boros. Maka, mulai sekarang jangan membuka lebar-lebarkaca mobil saat melaju.

7. Turunkan barang yang tidak perlu 
Anda akan lebih boros bahan bakar sekitar 1 sampai 2 persen untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Jadi bawalah barang-barang yang ringan ketika bepergian. Turunkan barang-barang yang tidak perlu dari mobil Anda. Selain itu, kurangi beban kendaraan dengan cara mengisi bahan bakar setengah penuh saja.

8. Periksa keselarasan roda 
Bawalah mobil anda ke bengkel terdekat untuk memastikan seluruh roda telah diselaraskan dengan benar. Penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi berkurang hingga 10% karena keempat roda yang tak selaras. Selain itu, ban juga menjadi lebih cepat aus.

9. Servis mesin 
Mesin memang bukanlah manusia, tetapi mesin juga butuh perawatan secara berkala. Anda dapat menghemat pengeluaran bahan bakar hingga 4 persen dengan menjaga mesin mobil terawat dengan baik.

10. Beralih ke bahan bakar alternatif 
Inilah cara paling ampuh untuk menghemat bahan bakar. Kita menjadi jauh lebih hemat jika menggunakan BBM alternatif seperti biodiesel ataupun etanol. Selain dapat menyelamatkan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi yang semakin menipis, harganya juga pasti lebih murah dan dapat mengurangi polusi lingkungan juga. 

Okeii, sampai sini saja sahabat Talsep tips yang fenomenal ini. Semoga BBM selalu memiliki hati nurani buat rakyat dan pemerintah segera memutuskan ketetapan harga biar tidak ada penimbunan bbm. ciyuuu bye bye.