Heello sahabat Talsep yang berbahagia dan ceria. mungkin sudah banyak yang mengetahui adanya jejaring sosial lokal. Talsep disini mengkaji ulang berdasarkan temuan saat bermimpi melewati mbah google. Dan inilah yang Talsep impikan bersama Bangsa Indonesia Jejaring sosial asli karya anak negeri.
1. Fupei.com
FUPEI-Friends
Uniting Program Especially Indonesia- adalah sebuah website komunitas
yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet,
dikhususkan untuk kalangan Indonesia, FUPEI terus berusaha untuk
mengembangkan fasilitasnya agar tidak kalah dengan fasilitas
website-website yang sejenis diluar, memiliki anggota sebanyak 80.000
lebih orang dengan 96,3 persen adalah pengguna yang berasal dari
Indonesia.
2. ADANDU.com
Adandu memiliki tampilan logo dan
website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun
bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan
Oktober 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei 2009 laju pertumbuhan
jumlah halaman website Adandu yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan
naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on
site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan
loyalitas pengunjung yang mengakses website
3. DIGLI.com
DIGLI adalah situs pertemanan dengan
rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama
lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah
mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah
mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih
mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai
fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin
komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs
ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.
Merupakan sebuah social networking
yang baru, diperkenalkan tahun 2008. Situs ini mengusung tema jejaring
sosial dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”.
Otofriends dikembangkan oleh mahasiswa asli dari Indonesia, sampai saat
saya menulis posting-an ini, saya belum tahu siapa nama pasti mahasiswa
tersebut, (pemilik tidak mengespost jati dirinya, hanya menisbahkan diri
sebagai Team Otofriends) beberapa forum mengidentifikasinya sebagai
mahasiswa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Beberapa user yang
telah bergabung, menilai akses Otofriends tergolong cepat dengan fitur
komplit serta terus bertambah. Jika dibandingkan dengan Facebook, fitur
Otofriends mirip Facebook. Fitur Otofriends dapat dikatakan merupakan
kombinasi (gado-gado) dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, bahkan
Multiply.
LiLO―singkatan
dari Little Online―dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang
berkonsep virtual world society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer
Bisnis M-Stars, menyampaikan, “Kami mengembangkan LiLO ke arah VWS
karena memang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda
bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual
world.”
6.KONGKOOW.com
Kongkoow merupakan situs jejaring
sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap
seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging.
Jadi sebetulnya kualitas
produk-produk indonesia gak kalah bagus dan kreatif dibandingkan dengan
produk luar dan mungkin bisa menyaingi produk luar,siapa tau indonesia
bisa terkenal dengan website jejaring socialnya, Oke mulailah mencintai produk dalam negeri sahabat Talsep.