stack
[Close]

Jumat, 18 November 2011

10 Penyebab Komputer Sering Macet


Selama berpetualang di dunia computer ada salahnya kita sering menjumpai macet di perjalanan alias proses aplikasi yang sedang berjalan tiba-tiba berhenti. Mari kita tengok berbagai penyebab berikut ini:

1.  Konflik Hardware
     Tidak jarang antara satu hardware dengan hardware yang lain tidak saling mendukung. Sebagai contoh Motherboard dengan VGA card tertentu menyebabkan tampilannya kotak-kotak, bahkan komputer bias restart sendiri. Atau bias juga karena hardware tersebut tidak terinstal dengan baik.

     Cara mengetahui sebuah hardware bermasalah / tidak : klik Start à Settingà Control Panel à Systemà Device Manager. Lalu perhatikan apakah ada tanda ! dalam segitiga kuning. Kalau ada berarti ada hardware tertentu yang bermasalah. Cara mengatasinya adalah menginstall ulang driver hardware tersebut. Atau anda bisa menggunakan tool unutk melihat driver apakah driver sudah terinstal / belum.

2. Kondisi RAM
     RAM yang kurang baik kondisinya sering menyebabkan “Blue Screen”. Kalau anda menemui gejala tersebut. Bisa pula disebabkan anda memasang 2 RAM dengan spesifikasi yang berbeda.  Jadi RAM pada sebuah Komputer harus sama, kalu perlu 1 pabrik yang sama. 

3. BIOS Kadaluarsa
     Permasalahan bisa disebabkan karena BIOS motherboard kadaluarsa terhadap dukungan hardware baru.
Untuk itu ada baiknya sering mengunjungi website pembuat BIOS motherboard anda dan cari updatenya.

4.Hard Disk Kacau
     Bisa disebabkan susunan file di harddisk tak beraturan yang menyebabkan PC menjadi hang. Untuk menghindarinya, sering lakukan Disk Clean-up sebulan sekali.

5. Fatal OE exception
     Hal ini disebabkan oleh VGA Card yang tidak support / mendukung. Untuk mengatasinya coba ganti setting appearance. Dan jikla masih tidak juga berarti VGA Card anda harus ganti.

6.Terinfeksi Virus
     Sudah bukan hal asing lagi kalau PC kita sering terinfeksi virus sehingga tingakahnya aneh. Maka lindungi PC anda dengan Anti Virus yang up-to-date.

7.Karena Printer
     Di saat mau nge-print file besar, seringmembuat PC hang. Ini disebabkan setiap kali melakukan print dokumen, Komputer sering mengirim file tersebut ke memori printer, sedangkan printer hanya menyediakan memori kecil. Jika hal ini terjadi maka cabut kabel printer dan tekan tombol reset pada printer.

8.Software
     Masalah yang sering membuat komputer hang adalah software yang kita install tidak support dengan Sistem Operasi. Sebelum menginstall software periksa dulu apakah mendukung OS PC tersebut / tidak. Periksa juga system requirement untuk hardwarenya.

9. Panas
     Biasanya hardware tidak dapat berfungsi dengan normal jika computer terlalu panas, solusinya adalah menambah kipas / mematikan sejenak computer anda.

10.Power Supply
     Supply listrik yang kurang dapat membuat PC tidak berfungsi dengan maksimal. Sesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik PC anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...