stack
[Close]

Minggu, 20 November 2011

Be More, Know More, Do More

Tiga perintah tersebut harus Anda lakukan, kalau diri Anda tidak ingin tergilas oleh zaman atau hidup sebagai pecundang.

1. Be More
Artinya Anda harus menjadi lebih dari yang sekarang. Ini adalah siasat yang bisa kita gunakan  untuk mendorong diri kita meraih kemajuan dengan menaikkan keinginan untuk “menjadi” (be). Kalau tahun kemarin kita berkeinginan untuk menjadi seorang karyawan biasa dan tahun ini keinginan itu sudah kita capai, maka saatnya bagi kita untuk menaikkan standar keinginan ke tingkat yang lebih tinggi, agar keinginan itu tidak menjadi sumber penderitaan buat kita. Karena itu, para pakar SDM menyarankan untuk merumuskan tujuan dengan mengacu kepada formula SMART (spesific, measurable, attainable, relevant, time scale):
  • Spesific adalah jelas, utuh, dan berbentuk sebuah kesimpulan tunggal di benak kita. Ibarat menendang bola, sasaran spesifik adalah gawang.
  • Measurable adalah memiliki ukuran yang berbentuk padanan fisik agar kita mudah mengukur. Ukuran ini tentu berbeda-beda tergantung apa yang kita inginkan.
  • Attainable adalah memiliki kelayakan rasional untuk kita capai. Kalau langkah kita sudah sampai pada anak tangga ketiga tentu sangat masuk akal kalau kita punya keinginan untuk naik anak tangga ke empat, dan sangat tidak masuk akal kalau menargetkan untuk melompat ke anak tangga ke tujuh belas.
  • Relevant adalah memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan keadaan diri kita untuk motivasi dari dalam diri kita.
  • Time scale adalah memiliki jenjang waktu (tahapan) untuk mencapainya, bukan sekaligus dan hanya itu.

2. Know More
Untuk mewujudkan keinginan yang kita tambah, maka yang perlu kita lakukan adalah menambah pengetahuan, pengalaman dan keahlian. Keinginan itu bisa seperti pisau. Iwan Fals mengatakan keinginan adalah sumber penderitaan. Petuah orang bijak mewasiatkan bahwa keinginan merupakan sumber kreatifitas dan penemuan (discovery).
Kapankah keinginan bisa menjadi sumber penderitaan? Salah satu yang perlu kita waspadai adalah ketika keinginan kita bertambah namun tidak kita imbangi dengan menambah keahlian atau tidak kita barengi dengan kemampuan mencari solusi.
Jalan untuk meningkatkan kemampuan menciptakan solusi atau meningkatkan keahlian adalah dengan menambah pengetahuan atau pengalaman. Bertambahnya pengetahuan di benak kita tidak hanya menambah ilmu tetapi juga memperbaiki definisi diri tentang kita.
Ilmu pengetahuan yang kita butuhkan untuk mewujudkan sasaran yang akan kita bidik tidak hanya berasal dari satu sumber. Pengetahuan yang kita butuhkan dapat berasal dari berbagai sumber:
  • Teori. Termasuk dalam kategori ini adalah masuk sekolah lanjutan, mengikuti seminar, pelatihan, menambah gelar, dan seterusnya.
  • Praktek. Termasuk dalam kategori ini praktek yang kita lakukan, praktek yang dilakukan orang lain yang kita kenal langsung atau tidak langsung.
  • Abstraksi. Termasuk dalam kategori ini adalah petunjuk-petunjuk Allah di dalam al-Qur’an, serta cara kerja sunnatullah yang kita pahami dengan kesadaran dan keimanan.
3. Do More
Menambah tindakan yang kita maksudkan untuk mencapai sasaran yang kita naikkan bisa dilakukan dengan cara beragam, antara lain:
  • Menambah jumlah kuantitas aktifitas yang kita lakuka. Dengan bekerja lebih keras lagi akan membuka kemungkinan bertambahnya penghasilan.
  • Menaikkan kecerdasan cara yang kita gunakan (bekerja lebih cerdas). Dengan menerapkan cara yang lebih cerdas, meskipun aktifitas kita tidak bertambah, akan membuka kemungkinan mendapatkan hasil yang lebih banyak.
  • Mengganti model aktifitas yang kita lakukan. Dengan model kerja yang lebih baru sangat memungkinkan bagi kita untuk menambah hasil pencapaian sasaran.
Stephen Covey mengingatkan kalau kita melakukan yang sama atau melakukan sesuatu dengan cara yang sama, maka hendaknya jangan mengharapkan hasil yang berbeda. Dengan menjalankan formula di atas yakni be more, know more, do more, sangat mungkin sekali membuat langkah kita menjadi lebih dinamis. Manfaat lain adalah agar cinta kita terhadap pekerjaan atau profesi senantiasa bertambah. amin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...