stack
[Close]

Sabtu, 19 November 2011

Sekelumit Kisah Tentang DLNA

Seperti halnya WiFi, populasi perangkat khususnya ponsel yang mengadopsi teknologi DLNA makin menjamur. Beberapa ponsel papan atas berkelas premium rata-rata sudah memiliki fitur ini. Lalu saat pabrikan sudah membenamkan fitur ini dalam produk bikinannya, apa saja kelebihannya lalu seperti apa keuntungan penggunaan DLNA dalam kehidupan sehari-hari.

Awalnya DLNA yang merupakan kepanjangan dari Digital Living Network Alliance, adalah suatu aliansi perdagangan non profit yang dibentuk oleh Sony pada tahun 2003. Aliansi ini memiliki lebih dari 250 perusahaan yang tergabung di dalamnya. Para anggota menyatakan DLNA adalah teknologi berbasis standar yang digunakan untuk mempermudah pengguna saling berbagi termasuk menerima dan mengirimkan berbagai konten termasuk foto, video, music dan lain – lain dari satu perangkat bersetifikasi DLNA ke perangkat lain. Sampai awal 2011, sudah lebih dari 9000 perangkat mendapatkan sertifikasi DLNA.

Melalui DLNA, dapat merevolusi cara pengguna menemukan, mengirim, menyimpan, mendownload, bermain maupun mencetak konten digital. Yang dibutuhkan hanya jaringan baik kabel maupun tanpa kabel. Hal ini karena perangkat yang punya “DLNA certified” dapat terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan asal seperti halnya internet broadband.

Contoh gampangnya, ketika pengguna memiliki koleksi film yang tersimpan dalam jaringan PC/ponsel anda bersetifikat Digital Media Server (DMS). Maka daripada hanya menonton film tersebut di layar PC atau ponsel yang terbilang kecil maka film tersebut ke TV LCD di ruang tamu. Karena TV LCD anda suda mengadopsi “DLNA certified” sebagai Digital Media Player (DMP) maka si pengguna dapat menggunakan media TV tersebut untuk menemukan film tersebut dan kemudian menayangkan di perangkat TV.

Begitu pula halnya untuk music, ketika pengguna memasukkan semua music  favorit ke dalam PC/ponsel. Saat menggunakan “DLNA certified” yang dapat disertifikasi sebagai pengontrol media mobile digital (M-DMC), pengguna dapat menemukan lagu yang diinginkan pada PC/ponsel untuk kemudian mengirimkan lagu tersebut ke perangkat speaker nirkabel yang bersetifikasi DLNA dan kemudian memainkan di speaker tersebut.

Tentunya seiring waktu, produk yang memiliki sertifikasi DLNA akan bertambah seperti halnya pada ponsel maupun PDA yaitu termasuk perangkat konsol game, digital kamera, speaker nirkabel dan lain-lain.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...