stack
[Close]

Jumat, 02 Desember 2011

6 How to Improve Quality Time With Family

Di zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, semakin jarang keluarga yang melakukan aktivitas bersama-sama, bahkan untuk sarapan atau makan malam. Bisa terjadi karena orangtua yang terlalu asyik berkutat dengan pekerjaannya, atau anak-anak yang juga disibukkan dengan sekolah dan aktivitas ekstrakulikuler.

Menemukan waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga memang merupakan tantangan tersendiri. Tapi bukan berarti Anda atau suami tidak bisa mendapatkannya. Berikut ini enam tips untuk meningkatkan quality-time Anda bersama keluarga, seperti dikutip dari She Knows.

1. Pasang Sebuah Kalender
Pasanglah kalender besar di pintu lemari es atau tempat yang sering dilewati dan mudah dilihat seluruh anggota keluarga. Tulis rencana Anda pada kalender tersebut. Misalnya berwisata ke taman hiburan di hari libur, rencana makan malam bersama di resto favorit keluarga atau mengunjungi rumah nenek. Tulis dengan spidol atau marker besar sehingga anggota keluarga bisa melihatnya. Dengan begitu, maka semua orang akan menyesuaikan jadwal kegiatan mereka sehingga Anda dan keluarga bisa berkumpul bersama. Ada baiknya Anda menuliskan sedikit deskripsi acara seperti, ‘menjelajah kepulauan Seribu’ atau ‘Hollycow Steak untuk pesta barbeque minggu depan’ agar lebih menarik.

2. Sarapan Bersama
Apabila keluarga Anda ‘menyebar’ pada malam hari, cobalah bangun lebih awal untuk sarapan bersama. Tidak perlu mempersiapkan makanan yang rumit, cukup sediakan sandwich dengan susu atau sereal dengan jus. Hanya butuh sedikit waktu untuk mempersiapkan ini semua dan Anda bisa berkumpul bersama keluarga untuk sekedar ngobrol maupun bercengkrama. Terlebih lagi, sarapan adalah waktu makan yang paling penting agar bisa beraktivitas secara maksimal.

3. Kurangi Waktu Menonton TV
TV memang hiburan yang cukup populer dan disenangi hampir semua orang. Bahkan menurut survey Nielsen, orang di Amerika bisa menghabiskan 154 jam dalam sebulan untuk menonton TV. Jika ingin lebih dekat dengan keluarga, cobalah kurangi jam menonton TV dan perbanyak waktu untuk mengobrol bersama pasangan maupun anak-anak Anda. Maka ikatan Anda dengan mereka akan terasa lebih dekat.

4. Luangkan Waktu Produktif Bersama-sama
Walaupun cara ini kurang ideal, tapi bisa coba diaplikasikan. Apabila Anda dan pasangan cukup disibukkan dengan pekerjaan sepanjang tahun dan sulit untuk menemukan waktu berkumpul bersama, mengapa tidak mencoba untuk melakukan kegiatan produktif bersama-sama? Misalnya ketika suami harus menemui klien untuk main tennis, Anda bisa membawa anak-anak untuk menonton ayahnya beraksi di lapangan. Atau ketika family gathering di kantor, cobalah untuk meluangkan waktu Anda dan anak-anak untuk pergi bersama ke acara tersebut sehingga Anda sekeluarga tetap bisa produktif bekerja sekaligus berkumpul bersama.

5. Tetapkan Minggu Malam Sebagai Waktu untuk Keluarga
Minggu malam biasanya digunakan semua orang untuk mempersiapkan kegiatan minggu depan. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah Anda sebelum Minggu sore, dan beritahu semua anggota keluarga untuk melakukan hal serupa. Sehingga pada Minggu malam, Anda sekeluarga bisa berkumpul untuk sekedar bermain kartu, menonton DVD sambil makan popcorn, atau bercerita tentang kegiatan satu minggu kemarin.

6. Fleksibel dan Spontan
Merencanakan menonton bioskop atau liburan bersama memang terdengar sangat mengasyikkan. Namun bagaimana ketika tiba-tiba seluruh anggota keluarga berkumpul dalam satu hari dan Anda tidak punya rencana apa-apa? Tanap pikir panjang, buatlah kegiatan dadakan. Masak bersama atau makan malam di luar bisa menjadi kegiatan spontan yang menyenangkan. Belum tentu kejadian ini bisa terulang di bulan-bulan berikutnya kan? Maka fleksibilitas Anda sangat diharapkan agar kebersamaan di dalam keluarga tetap terjalin.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...