stack
[Close]

Rabu, 01 Februari 2012

5 Minuman Terbaik Bagi Kesehatan

POLA hidup sehat tidak sekedar menjaga asupan makanan. Pemilihan minuman pun harus lebih teliti. Selain mencegah dehidrasi, minuman yang dikonsumsi memiliki efek tersendiri pada kinerja organ tubuh Anda.

Untuk memilih minuman apa yang baik bagi kesehatan, simak daftar berikut ini.

1. Air putih
Air putih terbukti tidak mengandung lemak dan kalori sama sekali. Air putih juga tidak mengandung bahan kimia, zat pengawet dan menghidrasi tubuh sebanyak 100 persen. Inilah yang membuat air putih diklaim sebagai minuman paling sehat. Minum air putih 6-8 gelas per hari mengandung banyak khasiat bagi kesehatan, termasuk menjaga keindahan kulit dan rambut. Tambahkan irisan lemon untuk menambah rasa dan kandungan vitamin di dalamnya.

2. Susu
Susu mengandung kalsium yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gigi keropos, rematik, hingga rambut rontok. Untuk menjaga kondisi jantung, pilih susu skim rendah lemak atau susu kedelai. Bagi Anda yang alergi lactose, dapat memilih susu kambing sebagai alternatif.

3. Jus buah
Ada berbagai jenis jus buah yang tersedia di supermarket, mulai dari jus buah murni 100 persen hingga jus yang mengandung gula dan pemanis buatan. Pastikan Anda memilih jus buah murni 100 persen tanpa tambahan bahan apapun. Minum jus satu gelas setiap hari dapat mencukupi asupan vitamin C bagi tubuh Anda.

4. Teh
Sebuah penelitian di tahun 2001 menyebutkan, teh berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Cukup mengonsumsi tiga gelas teh setiap hari, Anda dapat mengurangi resiko serangan jantung hingga 11 persen. Teh herbal atau teh dengan campuran sari buah, sama-sama memiliki khasiat yang sama.

5. Minuman berenergi
Minuman berenergi atau sport drink memiliki kandungan kalori yang rendah. Mengonsumsi minuman berenergi setelah berolahraga selama 60 menit dapat mengisi ulang cairan di dalam tubuh yang hilang dalam bentuk keringat.

Dari berbagai sumber.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...