stack
[Close]

Senin, 30 April 2012

Perhatikan Sinyal "Sepele" dari Tubuh

Tubuh dapat memberikan tanda jika kondisi Anda sedang tidak baik. Gangguan nyeri, jantung berdebar, dan gusi berdarah misalnya. Jika Anda mengalami hal ini, jangan pernah menganggap sepele.

Bisa jadi ini merupakan tanda awal dari penyakit serius yang harus segera ditangani. Coba konsultasikan pada dokter pribadi, apakah gejala ini akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda atau bisa diatasi dengan penanganan tertentu.

Bintik pada mata
Saat Anda merasa ada yang mengganggu dalam pandangan mata, mungkin ini terlihat sepele dan tidak terlalu mengganggu. Sebenarnya bintik kecil ini adalah gel dalam cairan atau vitreous yang ada pada bola mata. Anda perlu waspada jika tiba- tiba mendapatkan masalah dengan penglihatan yang gelap. Ini menandakan adanya gangguan serius, dan Anda harus memeriksakan ke dokter.

Terbangun saat tidur
Jika Anda bermimpi dan kemudian  terbangun, ini sudah biasa. Tetapi jika tiba- tiba terjaga atau tersentak tanpa ada kejadian apapun, berarti sistem tubuh Anda mengalami penurunan kerja. Bagaimana kalau frekuensi seperti ini bertambah sehingga mengganggu ketenangan istirahat Anda.

Biasanya, dokter akan memberikan  pengobatan dosis rendah untuk membantu menenangkan. Pada beberapa kasus, hal ini juga dapat menandakan kecemasan psikologi yang Anda alami, untuk masalah ini dokter akan melakukan terapi kognitif untuk membantu menguranginya.

Jantung berdebar
Palpitasi atau keadaan jantung yang berdebar tidak terlalu berbahaya, jika ini disebabkan karena konsumsi kafein, alkohol, kecemasan atau panik, aktifitas fisik yang sedikit berlebih. Anda masih dapat mengontrolnya sendiri. Tetapi kalau jantung berdebar dengan diikuti keringat, munculnya rasa nyeri, pusing, dan bahkan pingsan, Anda harus segera mencari penyebabnya.

British Heart Foundation mengatakan bahwa gejala seperti ini diartikan sebagiai kondisi adanya gangguan pada organ jantung atau irama jantung (takikardia supraventricular) yang perlu segera mendapatkan penanganan.

Gusi berdarah
Ini sering kali terjadi. Terutama saat Anda sebang menyikat gigi, biasanya ada sedikit darah yang keluar. Ini menandakan bahwa Anda harus segera membersihkan plak yang terdapat di sekitar gigi. Jika tidak segera dibersihkan, plak dapat menyebabkan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Menurut National Healt Service (NHS) radang pada gusi ini juga akan menyebabkan penyakit periodontal yang merupakan infeksi bakteri yang mengakibatkan kerontokan gigi. Kondisi ini juga dapat mengindikasikan adanya indikasi pada penyakit jantung.

Nyeri sendi
Nyeri pada persendian biasanya dialami oleh merek ayng berusia 40 tahun ke atas, perlu dipertanyakan jika sebelum usia ini Anda sering mendapatkan serangan nyeri sendi. Pembengkakan dan nyeri  pada sendi yang disertai suara saat Anda menggerakkan tubuh adalah tanda awal  osteoarthritis. Menurut The Arthritis Research Campaign, ini sangat jarang terjadi pada mereka yang berusia muda, dan rasa sakit ini terasa lebih parah dari nyeri yang dirasakan setelah olahraga karena pembengkakan otot tendon.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...