stack
[Close]

Senin, 30 April 2012

Fakta: Jangan Pernah Abaikan Rasa Nyeri

Beberapa dari kita pasti sangat peduli pada kesehatan, terutama dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menjaga pola makan sehat. Tapi sering kali kita mengabaikan rasa sakit yang kita alami, dengan hanya menganggap itu penyakit ringan.

Mungkin Anda dapat mengatasinya dengan obat penghilang rasa nyeri agar dapat bekerja kembali dengan normal. Ini hanya mitos, obat tersebut hanya bersifat sementara. Apa lagi mitos yang berhasil mensugesti Anda, perhatikan kebenarannya.

Mitos 1: Wanita lebih pandai mengatasi rasa sakit dari pada pria.
Fakta: Dikatakan Doris K. Cope, MD, direktur University of Pittsburgh yang menangani program pain medicine, sementara ini penelitian menyatakan bahwa wanita lebih dapat mentoleransi rasa sakit dibandingkan dengan kaum pria. Ini karena wanita lebih sensitif terhadap rasa nyeri dan panas yang menghampiri.
Biasanya para wanita langsung merasa terganggu dengan ketidaknyamanan ini dan segera pergi ke dokter. Coba perhatikan di kantor Anda, siapa yang lebih sering ijin karena sakit? Pria atau wanita?

Mitos 2: Rasa sakit akan hilang dengan obat pereda nyeri.
Fakta:
Bagaimana cara kerja obat pereda nyeri hingga Anda merasa sembuh setelah meminumnya? Obat ini hanya bersifat sementara, bukan menghilangkan penyebab sakit yang sebenarnya. Misalnya saja pada saat Anda terkilir, apakah obat penghilang nyeri dapat menyembuhkan? tidak.
Bagaimana jika rasa nyeri tersebut adalah tanda awal dari kanker, apakan Anda juga akan menggunakan obat ini terus- menerus, hingga Anda tidak mengetahui bahwa itu adalah gejala penyakit yang serius. Penyakit ringan akan sembuh dalam waktu kurang dari seminggu. Nah jika Anda mengalami rasa sakit yang sama berulang- ulang, coba periksakan diri ke dokter.

Mitos 3: Nyeri di payudara Anda bukan pertanda kanker.
Fakta:
Pada kasus kanker payudara, memang jarang sekali yang diawali dengan tanda nyeri, namun hal ini juga bisa terjadi, demikian dijelaskan Edith Perez, M.D., direktur program kanker payudara dari  Mayo Clinic di Jacksonville, Florida.
Gejala awal dari kanker payudara inflamasi biasanya menimbulkan ketidak nyamanan seperti ini. Indikasi kanker payudara lebih banyak didapatkan dari munculnya benjolan pada payudara dan perubahan dari tampilan payudara, atau biasanya mengalami rasa sakit dari dalam payudara. 

Mitos 4: Keuntungan adalah, tidak merasakan pegal usai olahraga.
Fakta:
Normal jika Anda merasakan sedikit nyeri saat mengikuti sebuah program latihan olahraga yang baru, berarti latihan Anda  cukup mengena pada otot tubuh. Tetapi jika Anda merasakan nyeri yang berlebihan, itu artinya Anda sedang melakukan kesalahan dalam olahraga tersebut, atau biasanya mengalami overtraining karena olahraga yang berlebihan.
Untuk memulai jenis olahraga yang baru, berenang misalnya, Anda dapat melakukan secara bergantian dengan olahraga yang biasa dilakukan.

Mitos 5: Semua nyeri  dapat disembuhkan.
Fakta:
Banyak kondisi kronis, seperti sakit punggung yang sulit disembuhkan. "Tetapi, semua orang dapat belajar bagaimana mengontrol rasa sakit mereka, sehingga rasa sakit tersebut tidak mengendalikan mereka," kata Dr Gordon Irving, MD, direktur medis dari Swedish Pain Centre.
Teknik menghindari nyeri adalah dengan latihan yang memberikan efek relaksasi, olahraga ini dapat memperkuat otot sehingga keluhan nyeri tidak akan sering muncul.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...